Kamis, 05 Maret 2009

Perkembangan Makan Bayi

Pada usia 0 hingga 6 bulan, ASI telah memenuhi kecukupan nutrisi dan mulut bayi dirancang untuk mengisap. Refleks penolakan lidah terhadap ASI dengan menjulurkan lidah, dan saat Si Kecil berusia 6 bulan, refleksnya menjulurkan lidah berkurang. Si Kecil dapat duduk tegak di kursi, gigi mulai tumbuh (individual), ia belajar mengunyah (dengan gusi). Si Kecil juga ingin ikut makan, dan mencoba meraih makan.

Makanan awal di tahap perkenalan sebagai makanan pendamping, pada prinsipnya semua makanan boleh diberikan, tepung lebih tidak sensitif bagi bayi yang alergi, namun boleh mendahulukan buah atau sayur. Tetap lihat mood Si Kecil. Anda dapat mulai 3 hingga 4 suap terlebih dahulu, setelah itu boleh dilanjutkan.

Kendala yang sering terjadi yaitu bayi menolak makanan, bayi ingin meyusu terus, bayi sensitif makanan dan Ibu biasanya bingung memutuskan makanan instan atau rumahan. Ibu bisa memperkenalkan sayuran, seperti bayam, wortel, brokoli. Berikan contoh makanan finger foods, beri contoh dengan makan di depan bayi karena ia merupakan peniru ulung. Pemberian gula dan garam aman saat Si Kecil berusia 12 bulan.

www.tips-fb.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar