Rabu, 25 Februari 2009

Macam-Macam Olahraga Untuk Si Kecil

Jadikan olahraga Si Kecil menyenangkan dengan berbagai variasi gerakan. Beberapa cara berolahraga untuk Si Kecil di atas 6 bulan:
  1. Ajak Si Kecil bergoyang-goyang dengan menggunakan bola, boneka yang tidak berbulu, atau bantal besar.
    Gerakan ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan Si Kecil. Bagaimana caranya? Tengkurapkan Si Kecil di atas bantal besar dengan posisi tubuh yang aman. Tahan tubuhnya dengan satu tangan Anda sementara tangan Anda yang lain menggoyang-goyangkan bantal. Selama menggoyang-goyangkan bantal, Anda dapat menjalin komunikasi dengan Si Kecil. Anda bisa bernyanyi atau mengajaknya ngnobrol.
  2. Mengayunkan tubuh Si Kecil menggunakan selimut tebal lebar yang lembut.
    Gerakan ini bermanfaat untuk membangaun kepercayaan diri Si Kecil. Bagaimana caranya? Lipat selimut agar tidak terlalu besar, letakkan tubuh Si Kecil telentang di atasnya. Anda dan pasangan dapat bersama-sama memegangi ujung selimut, masing-masing pada ujung yang berbeda. Angkat selimut bersama-sama, ayunkan perlahan ke kiri dan ke kanan.
  3. Bergulung-gulung bersama menggunakan matras lebar.
    Gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan kedekatan Anda dan Si Kecil secara emosional. Bagaimana caranya? Baringkan tubuh Anda terlentang di atas matras. Letakkan Si Kecil menghadap Anda, pegang erat-erat tubuhnya, satu tangan Anda pada bokongnya. Tangan yang lain pada belakang leher Si Kecil. Gulingkan tubuh Anda ke kiri dan ke kanan. Saat Si Kecil berada dalam posisi bawah, tahanlah bobot tubuh dengan siku Anda agar dapat bersiap untuk bergulung ke arah sebaliknya. Lakukan gerakan ini beberapa kali.
  4. Ajak Si Kecil untuk bermain dengan gelang-gelang.
    Gerakan ini bermanfaat untuk menguatkan genggaman, otot tangan, bahu, dan kaki Si Kecil. Bagaimana caranya? Baringkan bayi di atas matras, tempat tidur, atau selimut tebal yang lembut. Berlututlah di hadapannya, atau di sisi Si Kecil. Pegang beberapa buah gelang dalam satu tangan, sementara tangan lainnya menahan punggung Si Kecil. Biarkan ia menggenggam gelang-gelang tersebut. Tariklah perlahan gelang-gelang tersebut dan tahan sebentar, lalu turunkan kembali Si Kecil ke atas selimut tebal. Lakukanlah beberapa kali.
www.tips-fb.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar