Rabu, 25 Februari 2009

Mengatasi Dehidrasi pada si kecil

Bagaimana caranya mengatasi dehidrasi pada Si Kecil di bawah 6 bulan?

  1. Berikan terus cairan garam oralit kepada Si Kecil ... (Bukan hanya air putih ya, Ibu)
  2. Ketika SI Kecil sudah berhenti muntah, berikanlah ASI kepadanya. Lakukanlah dengan frejuensi 2 jam sekali selama 5 hingga 15 menit.
  3. Jika Si Kecil masih saja muntah dalam rentang waktu 8 jam, segeralah bawa ke dokter. Jika tidak, Anda dapat melanjutkan pemberian ASI seperti biasa.

Bagaimana caranya mengatasi dehidrasi pada Si Kecil di atas 6 bulan?

  1. Berikan terus garam oralit sedikit demi sedikit sepanjang hari. Jika perlu, Anda juga dapat memberikannya sari buah (selang-seling dengan pemberian oralit).
  2. Jangan memaksa Si Kecil minum cairan dalam volume yang lebih dari biasanya. Karena cairan yang berlebih dapat mengiritasi lambungnya yang kosong.
  3. Bila Si Kecil sudah berhenti muntah dalam 8 jam, Anda dapat mulai memberikan makanan yang lembut dan mudah dicerna. Contoh: bubur tau nasi lembek.
  4. Jika Si Kecil benar-benar sudah berhenti muntah dalam 24 jam, Anda dapat mulai memberikan makanan dengan jadwal dan menu biasa.5.
  5. Tunda memberikan susu dan produk olahannya kepada Si Kecil 2 hingga 3 hari kemudian. Hindari juga memberikan makanan berlemak atau makanan yang mengandung minyak.
  6. Jika Si Kecil menunjukkan tanda dehidrasi berat seperti kekenyalan kulit berkurang dan mata cekung, segera berkonsultasi ke dokter.
www.tips-fb.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar